Sabtu, 13 Mei 2017

Filled Under:

SEKOLAH DASAR KURIKULUM TERPADU

(Sekolah Terpadu, Pengertian Sekolah Dasar Terpadu)


SD Terpadu adalah sekolah dasar yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak normal dan penyandang cacat maupun normal secara bersama-sama dengan menggunakan kurikulum sekolah dasar konvensional. Pada umumnya sekolah dasar islam terpadu ini menggunakan metode penggabungan dua pendidikan, yakni pendidikan reguler dan pendidikan aqidah(agama islam). Sehingga jam belajar yang diperlukan disekolah ini akan lebih banyak dibandingkan dengan jam belajar disekolah reguler (Ganjar Eka Subakti,2012:21)

Kurikulum terpadu yaitu memadukan pendidikan agama dan pendidikan umum, sehingga dalam pelajran umum mengandung unsur-unsur pelajaran agama dan dalam pelajaran agama mengandung unsur-unsur pelajaran umum (Junanah,2001:141). Menurut Ki Hajar Dewantoro seperti yang dikutip oleh Marwan Saridjo memberikan gambaran tentang kurikulum pendidikan islam terpadu dengan memasukkan pelajaran umum di sekolah agama dan memasukkan pelajaran agama di sekolah umum sebagai upaya mempertemukan antara kutub madrasah dan sekolah. (Marwan Saridjo,1996:22) dari kedua pendapat tersebut sama yaitu menekankan tidak adanya dikotomi dalam ilmu pengetahuan antara ilmu umum dan ilmu agama, walaupun terdapat perbedaan dari keduanya. Keterpaduan yang dimaksud dalam pendapat pertamaadalah keterpaduan ilmu, sedangkan pendapat yang kedua adalah keterpaduan penyelenggaraan.

Kurikulum Pendidikan Islam terpadu tidak menghendaki adanya dikotomi ilmu pengetahuan. Dikotomo dapat diartikan adanya pembagian dua kelompok yang saling bertentangan, sedangkan dikotomi ilmu pengetahuan dapat dipahami sebagai pemishan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Hal inilah yang mendasari munculnya pendidikan islam terpadu, antara ilmu umum dan ilmu agama harus berjalan dengan beriringan karena semua ilmu itu berasal dari sumber yang sama yaitu Allah. Ilmu berfungsi sebagai alat untuk mengenal Allah dan memahami kebesaran Allah dengan tujuan sebagai penghambaan kepada Allah SWT

Kurikulum pendidikan islam terpadu merupakan alternatif untuk menghilangkan dikotomi dengan penerapan pada aspek kurikulum terpadu dengan tujuan sebagai berikut:
1)      Memberikan kemampuan dasar kepada siswa baik berupa pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan sikap yang dapa digunakan oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari dan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
2)      Mengintegrasi kemampuan dan sikap yang islami kepada anak didik sehingga dapat tumbuh kembang potensi fitrahnya ke arah terbentuknya insan yang bertaqwa dalam arti luas.
3)      Membentuk anak didik menjadi manusia yang mempunyai kepibadian yang sholih, akidah yang benar, ahlak yang mulia, akal yang cerdas, fisik yang sehatdan kuat, serta dekat dan cinta kepada Al Qur’an. (Junanah,2001:145).

Bentuk –bentuk ketrpaduan kurikulum dalam proses pendidikan antara lain:
1)      Keterpaduan proses belajar mengajar di tiga lingkungan pendidikan, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
2)      Keterpaduan materi agama yang disajikan secara terpadu dengan materi umum.
3)      Keterpaduan penyelenggaraan antara Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama dan lembaga-lembaga atau organisasi masyarakat. (Hasbullah,1996:13)


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2017 Khusn al-'Ain.